Ide bisnis Ternak Ikan yang Menguntungkan dan Menggiurkan

Ide bisnis Ternak Ikan yang Menguntungkan dan Menggiurkan

Ide bisnis ternak ikan merupakan salah satu usaha yang banyak digeluti saat ini, bukan menjadi nelayan karena dalam hal ini ikan tawarlah yang nanti digunakan sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Jenis ikan tawar lebih dipilih karena cepat menjadi besar dan biaya untuk ternaknya juga tidak terlalu banyak. Berikut ini akan menjelaskan kepada Anda tentang peluang usaha peternakan dalam bidang ikan.

Nantinya dari panduan ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang usaha tersebut sehingga nantinya bisa membuat usaha sendiri tanpa melibatkan orang lain.

Prospek Ide bisnis ternak ikan dan Pemilihan Jenis ikan

Prospek dari usaha ini memang sangat menjanjikan karena dalam kurun waktu yang singkat (2 sampai 3 bulan) bisa langsung melakukan pemanenan terhadap ikan tersebut. Perhitungannya bisa dibuat seperti ini, usaha ikan yang dibutuhkan adalah bibit dan pakan harian serta perawatan berkala terhadap tempat hidup ikan tersebut.

Dari harga bibit yang sangat murah, dalam beberapa bulan saja bisa berkali lipat hasilnya. Misalkan bibit ikan mas dijual persatuanya adalah 100 rupiah dan nantinya bisa dijual dengan kisaran 2 ribu rupiah per satu onsnya.

Hal ini akan sangat menguntungkan mengingat dalam satu empang (tempat pemeliharaan ikan) terdapat ratusan hingga ribuan ikan yang dipelihara.

Bisnis peternakan ikan ini sangat menguntungkan karena terlihat perhitungan yang berlipat gAnda dari satu ikannya saja. Untuk biaya pembuatan awalnya memang agak besar karena membutuhkan tanah yang cukup luas dan masih membuatnya sebagai kolam.

Biaya lain juga datang pada sistem perairan dan pakan ikan tersebut. Nantinya akan tetap dihitung dari biaya terkecil sekalipun. Ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa Anda pilih sebagai ide bisnis ternak ikan nantinya, dari ikan patin, lele, munjahir, nila, sampai gurami bisa menjadi pilihan Anda.

Masing-masing ikan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri termasuk dari masa panen dan cara pembesarannya.

Memulai Usaha Ide bisnis ternak ikan

Jika jenis ikan sudah Anda pilih maka langkah selanjutnya adalah memberikan sentuhan rencana usaha yang matang. Rencana ini meliputi langkah pengerjaan, pemodalan usaha, sampai langkah perawatannya.

Tidak lupa juga dari manajemen resiko karena beberapa orang jarang memahami hal satu ini. Manajemen ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan walau kondisi yang kritis secara mendadak.

Misalkan terjadi gagal panen pertama atau kedua, maka Anda sudah siap dengan kondisi tersebut. Dengan memulai usaha tersebut Anda sudah melangkah lebih jauh untuk mendapatkan tujuan Anda. Usaha bukan seberapa besar Anda membuatnya tetapi seberapa berani Anda melangkah dan memperbaiki setiap kesalahan.

Pemanenan dan Distribusi

Pada masa panen ini memang paling dinanti karena Anda sudah bisa membayangkan pundi uang yang masuk dalam rekening Anda. Dalam masa ini penting sekali untuk melihat manajemen resiko lagi karena menghitung seberapa banyak angka kematian pada ikan Anda dari total bibit yang disebar.

Angka ini bisa digunakan untuk evaluasi pada langkah pembesaran ikan yang selanjutnya. Untuk mendistribusikan ikan ini sampai ke pelanggan biasanya tidak terlalu sulit.

Jika Anda sudah memiliki relasi mungkin akan semakin mudah untuk mendapatkannya karena banyak peide bisnis ternak ikan yang mengatakan ada pembeli yang datang secara langsung untuk membeli ikan.

Dari kemudahan dan prospek bisnis ini memang sangat menjanjikan apalagi modal yang dikeluarkan juga seimbang dengan hasilnya. Usaha ide bisnis ternak ikan ini bisa dilakukan siapa saja tanpa memAndang status orang tersebut termasuk Anda.

      bandarqq365.com/img/button/promo/promo.html
    1. Depo WD mulai 10rb, Bonus New Member 20% Bonus Mingguan 0.3-0.5%, Referral 10%
      poker online terpercaya
    1. poker online terpercaya